Lompat ke isi utama

Berita

Waspadai Penyusunan DPT, Bawaslu Demak Siagakan Panwaslu Kecamatan

Demak - Tahapan Pemilu yang saat ini sedang berlangsung adalah tahapan penyusunan daftar pemilih. Tahapan ini telah tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2022. Melihat pentingnya tahapan ini, Bawaslu Demak menyiapkan jajaran Panwaslu Kecamatan untuk mewaspadai berbagai potensi kerawanan yang muncul.

Dalam rangka pengawasan tahapan penyusunan daftar pemilih, Bawaslu Demak melaksanakan rapat koordinasi dengan Panwaslu Kecamatan, Rabu (11/01/2023). Rapat koordinasi ini dilaksanakan di Kantor Bawaslu Kabupaten Demak.

Anggota Bawaslu Demak, Amin Wahyudi, menyampaikan berbagai strategi pengawasan dan pencegahan yang bisa dilakukan oleh jajaran Panwaslu Kecamatan. Bawaslu Demak menginginkan adanya fokus pengawasan ini untuk menjamin hak pilih masyarakat tanpa ada yang tertinggal di belakang.

“Kita harus memastikan bahwa setiap orang bisa menjalankan hak pilihnya dengan mengawasi proses penyusunan daftar pemilih ini”, tegas Koordinator Pencegahan, Parmas dan Humas ini.

Selain menjalankan tugas pencegahan dan pengawasan, Panwaslu Kecamatan juga diminta untuk menjaga komunikasi dengan stakeholder. "Panwaslu Kecamatan harus bisa berkomunikasi baik dengan PPK sehingga proses penyusunan daftar pemilih ini bisa dilakukan dengan baik dan penuh tanggung jawab", Amin menekankan.

Rapat koodinasi ini dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam upaya pencegahan pada tahapan penyusunan daftar pemilih ini. Masing-masing anggota Panwaslu Kecamatan memberikan masukan demi melahirkan daftar pemilih yang baik.

Pada rapat koordinasi ini, kemudian disepakati bahwa fokus pengawasan pada tahapan penyusunan daftar pemilih adalah pada pembentukan Pantarlih, pencocokan dan penelitian, penyusunan DPS, penyusunan dan pengumuman DPT, penyusunan DPTb dan DPK, dan penyusunan TPS Lokasi Khusus.

Moh Asroni, Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengkta Bawaslu Demak, mengingatkan bahwa tahapan pemilu sudah mulai saling beririsan. Selain tahapan penyusunan daftar pemilih, saat ini juga sudah berlangsung tahapan pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPD. Selain itu, Panwaslu Kecamatan juga harus melakukan pengawasan terhadap pembentukan PPS dan sebentar lagi akan melaksanakan pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa.

Tag
bawaslu demak
berita