Lompat ke isi utama

Berita

Temukan Pantarlih Tidak Netral, Bawaslu Demak Layangkan Surat ke KPU

Demak, Sepulang dari Rapat Evaluasi Nasional yang diselenggarakan tiga hari, 20 – 22 Februari 2023, Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh langsung memimpin pleno terkait temuan jajaran penyelenggara pemilu yang tidak netral. Yaitu petugas pencocokan dan penelitian (Pantarlih) Desa Betahwalang Kecamatan Wedung.

Setelah melakukan klarifikasi dan kajian terhadap temuan tersebut, Bawaslu Demak melayangkan saran perbaikan (Sarper) kepada KPU. Sarper dengan surat nomor 127/PM.00.02/K-JT-08/02/2023 tertanggal 23 Februari 2023 itu meminta KPU untuk melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap pantarlih terkait sekaligus memastikan lagi netralitas semua pantarlih di Kabupaten Demak.

"Bagi kami netralitas adalah harga mati,” tegas Khoirul Saleh, Ketua Bawaslu Demak ketika dimintai keterangan.

Khoirul menjelaskan temuan itu bermula ketika jajaran Bawaslu melakukan pengawasan melekat verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan Dewan Perwakilan Daerah di Desa Betahwalang. Dari beberapa sample yang diverifikasi, jajaran Bawaslu mengetahui salah satunya adalah pantarlih. Ketika diverifikasi yang bersangkutan juga memberikan keterangan sebagai pendukung. Karenanya Bawaslu Demak langsung menindaklanjuti sesuai prosedur temuan yang akhirnya muncul sarper PAW kepada KPU itu.

Atas sarper Bawaslu tersebut KPU telah melakukan pergantian pantarlih TPS desa Betahwalang tersebut melalui PPS setempat pada tanggal 24 Februari 2023. (Em.Ade, '23)

Tag
bawaslu demak
berita