Lompat ke isi utama

Berita

Sokong Pemilu 2024, Alumni SKPP se Jawa Tengah Lakukan Konsolidasi

Alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) seluruh Jawa Tengah menghadiri konsolidasi dalam acara yang bertema "Merajut Harmoni Merawat Demokrasi Meneguhkan Bakti Alumni SKPP Untuk Negeri", Rabu (18/01/2023). Alumni SKPP Kabupaten Demak yang tergabung dalam Forum Kajian Demokrasi Demak (Fondasi) pun ikut serta dalam acara koordinasi ini.

Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Muhammad Amin, ikut serta dalam acara ini dengan memberikan sambutan. Sementara itu, Anggota Bawaslu Jawa Tengah, Anik Sholihatun, menyampaikan pembekalan materi untuk memperkuat soliditas Alumni SKPP.

Dalam sambutanhnya, Amin menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini, sudah ada 2.787 orang alumni SKPP di seluruh Jawa Tengah. Sebagai informasi tambahan, bahwa Kabupaten Demak sendiri sudah ada 113 orang alumni.

"Jumlah yang luar biasa dengan wadah gerakan masing-masing kabupaten dan masing-masing juga sangat variatif", ucap Amin.

Bawaslu Jawa Tengah sangat mendukung para alumni SKPP Jawa Tengah untuk melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilu 2024. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Anik Sholihatun, Kordiv Pencegahan dan Parmas Bawaslu Jawa Tengah.

Dengan jumlah alumni yang sangat banyak, Anik mengharapkan adanya wadah yang legal dan berbadan hukum sebagai wadah pemantau pemilu yang diinisiasi oleh para alumni ini. Dengan demikian, alumni SKPP bisa memberikan kontribusi lebih untuk menyokong Pemilu 2024 dan Pemilihan Serentak 2024 nanti.

"Untuk merealisasikan hal itu, akan saya dukung apa apa yang dibutuhkan sahabat-sahabat semua", tegasnya.

SKPP adalah gerakan bersama antara Bawaslu dengan masyarakat untuk menciptakan proses Pemilu yang berintegritas. Di satu sisi Bawaslu menyediakan layanan pendidikan, di sisi masyarakat, pemilih berinisiatif untuk turut berpartisipasi mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada. (SR)

Artikel ini dimoderasi dari tulisan yang berjudul "Konsolidasi Alumni SKPP Bawaslu Jawa Tengah Akan Buat Wadah Gerakan Baru, Merajut Harmoni Merawat Demokrasi" oleh Muhammad Faizur Rouf.
https://www.ivoknews.com/berita/pr-4446770949/konsolidasi-alumni-skpp-bawaslu-jawa-tengah-akan-buat-wadah-gerakan-baru-merajut-harmoni-merawat-demokrasi

Tag
bawaslu demak
berita