Lompat ke isi utama

Berita

Ramadhan Bawaslu Demak, Agar Pengawas Partisipatif Semakin Terlibat

DEMAK- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Demak menggelar program selama ramadhan 1442 H tentang kajian pemilu dan demokrasi yang berjudul ‘urgensi pengawasan dalam pemilu’. Pelaksanaan ini dilakukan secara daring melalui siaran langsung via youtube akun Bawaslu Demak.

Bawaslu Demak setiap kegiatan program ramadhan ini menghadirkan narasumber baik internal maupun eksternal dan stakeholder dari berbagai Bawaslu Kabupaten/Kota di Jawa Tengah untuk memperkaya pengetahuan kepemiluan. Sehingga bisa menghasilkan kajian yang lebih luas untuk menambah pendidikan politik dan pengawasan bagi masyarakat luas.

“Jadi pada prinsipnya dari sisi pengawas bahwa dalam rangka menguatkan kelembagaan dan juga memperluas jaringan setiap tahapan pemilu maupun pemilihan Bawaslu berupaya agar potensi pengawasan di luar dari lembaga Bawaslu semakin banyak terlibat” kata Supardi Koordiv PHL Bawaslu Kabupaten Bantul DIY saat sebagai narasumber, Jum’at (23 /4/2021).

Tujuan pengawasan pemilu adalah menjaga integritas pemilu, mewujudkan keadilan dan menciptakan pemilu yang jujur dan adil. Secara tegas dalam regulasi undang-undang 7/2017 tentang pemilu pengawasan partisipatif adalah setiap lapisan warga masyarakat memiliki hak untuk mengawasi seluruh rangkaian tahapan pemilu/pemilihan.

‘’maka penting pengawasan partisipatif dilakukan’’ kata Supardi.

Sementara dari sisi solidaritas perempuan Demak, kata Nungki,  merupakan kelompok yang bergerak dalam pemberdayaan, pendampingan dan dukungan pada perempuan.

‘’Termasuk juga dalam peran perempuan dalam demokrasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, kami selalu mengajak perempuan demak untuk paham hak-hak demokrasi” kata Nungki Nurhidayanto Wakil Ketua Solidaritas perempuan Demak.

Misalnya antara lain sharing tentang pemilu, untungnya kaum perempuan dalam pemilu, bagaimana memilih untuk menggunakan hak pilih hingga ajakan untuk melakukan pengawasan dalam masa tahapan pemilu/pemilihan. (AS)

Lihat selanjutnya dalam video ini: https://www.youtube.com/watch?v=ZqOIZ8sG_sE&t=741s

Tag
bawaslu demak
berita