Lompat ke isi utama

Berita

Persiapan Pengawasan Pemilu Serentak, Bawaslu Bentuk Saka Adhyasta Pemilu

Demak – Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka Adhyasta Pemilu Kwartir Cabang Demak masa bakti 2022-2024 secara resmi dilantik hari Kamis, (10/3/2022). Pengukuhan dan Pelantikan dilakukan di Aula Kantor Bawaslu Kabupaten Demak Jl. Sultan Fatah No. 10 Bintoro Demak oleh Ketua harian Kwartir Cabang Demak, Fahrurrozi.

Pengukuhan dan Pelantikan Saka Adhyasta Pemilu ini untuk mengawal dan mengawasi jalannya pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada yang akan datang. Saka Adhyasta Pemilu adalah satuan karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu.

Usai mengukuhkan, Fahrurrozi menyampaikan dukungan dan apresiasiasinya kepada Bawaslu atas terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu di Kabupaten Demak.  Fahrurrozi berharap Saka Adhyasta Pemilu bisa berkontribusi dan dapat membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan pada Pemilu dan Pilkada nanti.

“Melalui tiga krida ini, yakni krida pengawasan, pencegahan dan penanganan pelanggaran saya berharap Pramuka dapat bersinergi dengan Bawaslu dalam menciptakan Pemilu yang bermartabat dan berkualitas,” imbuhnya.

Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh mengatakan  bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar kita melakukan edukasi politik kepada masyarakat. Bagaimana nantinya masyarakat dapat bergerak secara aktif ikut serta melakukan pengawasan pemilu dan mengetahui arah politiknya.

“Yang paling penting kita semua harus mendorong masyarakat untuk memahami arti penting dari pendidikan politik sehingga nantinya masyarakat akan tergerak dan senantiasa mengawal proses demokrasi sehingga di Kabupaten Demak akan terbentuk civil society atau masyarakat madani, karena dengan gerakan civil society InsyaAllah akan mewujudkan kesejahteraan bagi Masyarakat Demak” imbuhnya.

Berdasarakan Surat Keputusan Kwartir Cabang Demak Nomor : 006 Tahun 2022  tanggal 10 Maret 2022 dalam struktur Saka Adhyasta Pemilu setidaknya ada 19 pengurus dalam Saka tersebut termasuk Pamong putra putri yang merupakan unsur dari luar. Khoirul Saleh menjabat Ketua Mabi Saka, Yanto Mulyanto Menjabat Ketua Pimpinan Saka, Amin Wahyudi menjabat Sekretaris Mabi Saka dan 3 (tiga) Anggota Komisioner Bawaslu Kabupaten Demak Ulin Nuha, Moh. Asroni dan Lispiatun menjabat anggota Mabi Saka. (hn)

Tag
bawaslu demak
berita