Lompat ke isi utama

Berita

Pasca Pelantikan, Bawaslu Demak Tancap Gas

Demak - Bawaslu Demak periode 2023-2028 telah dilantik pada tanggal 19 Agustus 2023. Semuanya wajah baru kecuali Ulin Nuha yang langsung dipercaya sebagai komandan. Pasca pelantikan, tepatnya kali pertama masuk kantor, Bawaslu Demak langsung tancap gas. Mulai dari pleno pembagian divisi, perkenalan dengan para staf, mengikuti rapat koordinasi nasional, sampai dengan pemberian imbauan kepada KPU Demak dilakukan dalam satu hari itu.

“Kami memang harus berpacu” tutur Ulin Nuha Ketua baru Bawaslu Demak.

Ia menjelaskan bahwa tahapan pemilu akan terus berjalan sesuai dengan jadwalnya dan tidak akan terpengaruh dengan proses pergantian penyelenggara. Karenanya sebagai lembaga yang mendapat amanah pengawasan, Bawaslu Demak pun harus tetap eksis memastikan berjalannya tahapan sesuai dengan perundang-undangan.

Menurut Ulin, meskipun menindaklanjuti suatu pelanggaran merupakan salah satu tupoksinya, namun mencegah terjadinya pelanggaran lebih diutamakan. Karenanya di masa penyusunan DPTb ini terus memberikan imbauan kepada KPU manakala diperlukan.

“Ini imbauan yang ke dua” paparnya dengan menjelaskan imbaun pertama telah disampaikan Bawaslu Demak ketika di bawah komando Khoirul Saleh.

Selanjutnya Ulin menuturkan isi imbauannya yaitu agar KPU dan jajaran ad hoc-nya memastikan penyusunan DPTb dan DPK sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sebagaimana pasal 116 sampai dengan pasal 125 PKPU No. 7 Tahun 2022 jo. PKPU No. 7 Tahun 2023 serta memberikan akses terkait DPTb dan potensi DPK kepada Pengawas Pemilu untuk mengawasi proses penyusunan DPTb dan DPK secara maksimal. (Em. Ade’23)

Tag
bawaslu demak
berita