Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslucam Karangawen Gelar Bimtek, Tekankan Esensi Pengawasan untuk PKD

Demak - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Karangawen, Demak, menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk 12 Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) di wilayah setempat, Jumat (24/2/2023) malam.

Ketua Panwaslucam Karangawen Fachrozi mengatakan acara tersebut digelar untuk meningkatkan wawasan anggota PKD yang sudah dilantik pada awal Februari 2023.

Menurutnya, banyak perubahan terkait kerja-kerja pengawasan pemilu yang harus dipahami, baik oleh PKD lama maupun yang baru.

"Pengawasan hari ini itu berbasis data, jadi bapak/ibu sekalian harus kuat datanya," ujarnya saat mengisi acara.

Anggota Panwalucam Karangawen Lailatul Munawaroh menambahkan bahwa Pemilu Serentak 2024 memiliki kompleksitas baik dalam persiapan maupun pelaksanaannya.

Sesuai dengan arahan Bawaslu RI, kata dia, seorang pengawas pemilu harus mengutamakan pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran dan sengketa pemilu.

"Sekecil apa pun upaya bapak/ibu untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan sengketa pemilu, itu sangat berarti," ujarnya.

Sementara itu, Anggota Panwaslucam Karangawen Sigit AF menyampaikan bahwa Pemilu 2024 saat ini telah memasuki dua tahapan penting, yakni tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih serta tahapan verifikasi faktual (verfak) dukungan bakal calon DPD RI.

"PKD harus memastikan pantarlih dan verifikator KPU Demak taat prosedur dalam menjalankan tugasnya," tandas Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panwaslucam Karangawen itu.

Menurutnya, meski PKD saat ini dibebani dengan banyaknya tugas administratif, hal tersebut jangan sampai melupakan esensi dari pengawasan.

"Kami juga terjun ke lapangan untuk berbagi tugas pengawasan. Intinya, jangan segan berkonsultasi dengan panwaslucam jika menemukan kendala dalam pengawasan," pungkasnya. (sigit/panwaslucam karangawen)

Tag
bawaslu demak
berita