Lompat ke isi utama

Berita

Menjaga Akurasi Daftar Pemilih Menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024

Demak- Posonan adalah nama program Bawaslu Kabupaten Demak pada bulan ramadhan 1442 H. Kegiatan Posonan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kajian pemilu dan demokrasi.

Posonan edisi ke-10 yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal (26/04/2021), bertempat di kantor Bawaslu Kabupaten Demak ditayangkan live striming  melalui akun Youtube Humas Bawaslu Demak dengan narasumber Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dengan tema Menjaga Akurasi Daftar Pemilih Menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024.

Pemutakhiran daftar pemilih merupakan tahapan krusial dalam penyelenggaraan Pemilu. Secara teknis bentuk jaminan pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya adalah tersedianya daftar pemilih yang akurat. Data pemilih sering dikatakan sebagai penentu awal dalam keberhasilan penyelenggara Pemilu, tentu hal ini menjadi sangat penting karena data pemilih adalah kumpulan entitas pemilih yang dapat menggunakan hak pilihnya di hari H pemungutan dan penghitungan suara.

Menurut Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto menjelaskan fungsi dari Pengawasan yang perlu dicatat bersama ada tiga fungsi, pertama early warning system/deteksi dini terhadap potensi-potensi pelanggaran, kedua sebagai controlting patner, dan ketiga kualitas Pemilu.

Dikatakan Bambang, tahapan daftar pemilih merupakan tahapan yang menarik public, perlu diperjuangkan bersama oleh KPU maupun Bawaslu untuk menggelorakan bersama partisipasi masyarakat berperan aktif dalam proses pemutakhiran daftar pemilih. Permasalahan daftar pemilih selama ini sering ditutup-tutupi seakan tidak ada masalah, dan pada akhirnya permasalahan ini timbul di akhir ketika ada perselisihan hasil, ini seharusnya menjadi koreksi bersama. (he)

Lebih lanjut bisa dilihat dalam video ini : https://www.youtube.com/watch?v=blNKx4IzKLw

Tag
bawaslu demak
berita