Lompat ke isi utama

Berita

Mengisi Materi P5, Bawaslu Demak Ajak Siswa Awasi Pemilu

Demak - Anggota Bawaslu Demak, Wiwit Puspitasari melakukan sosialisasi di hadapan 1.250-an siswa-siswi SMK N 2 Demak, Rabu (4/10). Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang ada pada kurikulum merdeka belajar.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Refi Rois mengatakan bahwa dalam P5 kali ini mengambil tema Pemilu Luber dan Jurdil. Pengambilan teman ini sesuai dengan kondisi saat ini dimana Pemilu 2024 sudah di depan mata, pemilihan kepala desa serentak di beberapa desa serta berbarengan dengan pemilihan ketua OSIS.

"Banyak dari siswa kami juga sudah menjadi pemilih pemula yang memerlukan edukasi politik", umbuh Refi Rois.

Di hadapan siswa, Wiwit Puspitasari yang sekaligus menjadi Koordinator Divisi Pencegahan Parmas dan Humas ini menyampaikan pentingnya pemilu dalam sistem demokrasi. Pemilu sebagai event pemilihan pemimpin yang legal diatur oleh konstitusi.

"Demokrasi menjamin kesamaan hak setiap warga negara untuk memilih dan dipilih", terang Wiwit.

Sebagai pemilih pemula yang familiar dengan media sosial, para siswa dihimbau untuk juga berperan aktif dalam pengawasan pemilu melalui medsos. Ke depan, tantangan akan adanya politisasi sara, ujaran kebencian, hoax dan sebagainya harus diawasi. Para siswa bisa mengawasi media sosial dan melaporkan ke Bawaslu Demak.

"Bawaslu tidak bisa mengawasi secara maksimal tanpa partisipasi masyarakat", imbau Wiwit yang sebelumnya pernah menjadi PPK ini.

Sebagai penutup, Wiwit menegaskan kembali pentingnya pemilu, hak memilih arus digunakan sebaik mungkin dan jangan golput. Tantangan untuk berani menolak politik uang adalah perjuangan bersama.

"Jangan jual hak suara kita hanya untuk selembar uang kertas yang mana masa depan negara dipertaruhkan", tutup Wiwit. (SR)

Tag
bawaslu demak
berita