Lompat ke isi utama

Berita

DELEGASI BAWASLU DEMAK RAIH PENGHARGAAN PESERTA TERAKTIF PADA PROGRAM SKPP

Demak- Virdatul Anif, salah satu peserta yang dikirim Bawaslu Demak ke Magelang untuk mengikuti pendidikan kader pengawas partisitif, mendapat penghargaan sebagai peserta teraktif, Sabtu (09/10/2021). Pendidikan kader pengawas yang dikenal dengan SKPP (Sekolah Kader Pengawas Partisipatif) tersebut merupakan salah satu program unggulan pemerintahan Presiden Jowo Widodo yang bertujuan mencetak pengawas-pengawas partisipatif dari golongan milenial menuju terwujudnya pemilu serentak tahun 2024 yang demokratis dan bermartabat.


Program SKPP ini diselenggarakan oleh Bawaslu RI sejak tanggal 7-9 Oktober 2021 di Hotel Atira Magelang. Selama tiga hari tersebut 77 (tujuh puluh tujuh) peserta delegasi dari tiga kabupaten, yakni Kabupaten Magelang, Kudus dan Demak, digodok dengan berbagai wawasan dan strategi kepengawasan dalam pemilihan maupun pemilihan umum. Abhan, SH. M.H., Ketua Bawaslu RI dalam kesempatan menutup kegiatan tersebut memberi semangat kepada peserta akan eksistensinya sebagai modal di masyarakat yang sangat berharga.

Baca Juga: Bawaslu Demak Berangkatkan 26 Peserta SKPP Ke Magelang


"Pengawas Partisipatif tidak kalah terhormat dengan profesi lainnya termasuk penyelenggara pemilu seperti Bawaslu dan KPU, karena justru dengan banyaknya pengawas partisipatif maka kualitas demokrasi substantif akan terjaga dan berjalan sebagaimana mestinya," terangnya.


Sebagaimana diberitakan pada tanggal 7 Oktober 2021, SKPP ini merukapan program tingkat dasar yang diselenggaran pada 100 titik tersebar di seluruh Indonesia. Oleh Karenanya Bawaslu RI juga sudah menyiapkan studi lanjut dari program tersebut, yakni SKPP tingkat menengah yang pesertanya alumnus-alumnus pilihan dari SKPP tingkat dasar termasuk Virdatul Anif. Selain Virda, ada 4 (empat) peserta lagi dari Demak yang lolos masuk studi lanjut SKPP tingkat menengah, yaitu Aprilia Slamet Arifah, Samsu Dhakiroh, Muhammad Rizik, dan Muhammad Wazid Husni. (Em. Ade 21).

Tag
bawaslu demak
berita