Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Melakukan Monitoring Simulasi pemungutan dan perhitungan suara

Demak – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak melakukan monitoring kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020 yang digelar oleh KPU Kabupaten Demak di Halaman Gedung IPHI yang bertempat di Kelurahan Jogoloyo Kecamatan Wonosalam pada Minggu, 29 November 2020.

Kegiatan yang di gelar ditengah guyuran hujan itu dihadiri tamu undangan dari Forkompimda, Tim Kampanye, serta Kapolsek dan Koramil se-Kabupaten Demak.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Bawaslu Kabupaten Demak, Amin Wahyudi, yang hadir dalam acara berpesan,mengingat Pilkada Demak tahun 2020 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, memberikan pemahaman dan mensosialisasikan penerapan hal baru di TPS terkait protokol kesehatan di TPS pada masyarakat menjadi sangat penting” ujaranya.

Apalagi Curva angka Covid-19 belum melandai, ini perlu kerjasama semua pihak, terutama pemerintah agar tetap mensosialisasikan tata kehidupan di era pandemi, yaitu dengan tetap memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

Pada simulasi tersebut, ujung tombak upaya penegakan protokol kesehatan ada pada jajaran KPPS dan linmas yang bertugas di TPS karena Setiap pemilih sebelum masuk lokasi TPS akan di cek suhu tubuh dan diperintahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu lalu diberikan sarung tangan sekali pakai, pemilih yang tidak menggunakan masker akan diberikan masker serta penggunaan tinta dengan cara diteteskan, ini bukan perkara mudah, apalagi ketersediaan masker yang ada di setiap TPS hanya 92 buah Terdiri dari 50 Masker sekali pakai dan 42 Masker kain, sedangkan masih ada beberapa masyarakat yang tidak disiplin, tidak menggunakan masker.

KPPS dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus juga hati-hati, karena ada 2 tugas, yaitu melaksanakan pungut hitung dan pencegahan terhadap Covid-19. (RHM)

HUMAS BAWASLU KABUPATEN DEMAK

Tag
bawaslu demak