Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Demak Programkan Pembinaan Desa Pengawasan Di Buko

Demak- Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh melanjutkan koordinasi dengan Kepala Desa Buko  Kecamatan Wedung  untuk melakukan pembinaan desa pengawasan,  Rabu (01 Sep 2021). Diketahui, Desa Buko merupakan salah satu program pengembangan desa pengawasan Bawaslu Demak  yang dibentuk pada tahun 2019. Karenanya untuk persiapan pengawasan pemilu dan pemilihan serentak 2024, Bawaslu menyegarkan kembali desa-desa pengawasan yang telah dibentuk dengan memberikan pembinaan.

Kepala Desa Buko, Slamet Wahono menyambut baik program Bawaslu tersebut. Berkat program itu masyarakat Buko tidak selalu berorientasi pada kepentingan pribadi dalam membangun desa namun lebih mengedepankan pada tercapainya program pembangunan. “saya sendiri tidak pernah meminta ataupun menerima  fie   dari  TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) dalam setiap program pembangunan”  papar Slamet Wohono.

Meskipun fenomena itu tidak terkait dengan pengawasan pemilu, Bawaslu Demak merasa bangga karena  sedikit banyak pesan-pesan moral tentang pengawasan sudah mulai tertaman. Secara subtansif  pola kerja tersebut merupakan embrio asas-asas kerja pengawasan yang sangat care terhadap akuntabilitas dan integritas.  Bawaslu Demak berharap dengan pola kerja itu, sehingga ketika pemilu dan pemilihan serentak 2024 masyarakat siap menjadi pengawas partisipatif.

Sebagaimana diketahui,  sumber daya manusia (SDM) Bawaslu sangat terbatas untuk bisa melakukan pengawasan melekat ke seluruh pelosok wilayah kabupaten.  Di kabupaten hanya 5  pengawas, di tiap kecamatan  ada tiga pengawas, dan tiap desa ada satu pengawas yang dibantu satu pengawas tiap TPS. Sementara aktivitas yang menimbulkan dugaan pelanggaran bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.  Karenanya kesadaran masyarakat untuk menjadi pengawas partisipatif sangatlah urgen.

Sebagai hasil dari koordinasi Bawaslu Demak dengan Kepala Desa Buko tersebut, disepakati  pelaksanaan pembinaan desa pengawasan  pada hari  Jum’at siang atau setelah selesai ibadah Jum’at, tanggal 17 September 2021. (Em.ade-21)

Tag
bawaslu demak
berita