Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Demak : Empat Bulan Menuju Tahapan Kampaye Bukan Waktu Yang Panjang

Demak - Tahapan kampanye pemilu 2024 akan dimulai pada 28 November 2023. Ini berarti kampanye masih empat bulan lagi. Namun bagi Bawaslu empat bulan menuju tahapan kampanye bukan waktu yang panjang.

“empat bulan itu waktu yang pendek” tegas Khoirul Saleh, Ketua Bawaslu Demak.

Menurut Khoirul, tahapan kampanye merupakan tahapan yang sangat komplek, rentan dengan berbagai dugaan pelanggaran, baik pelanggaran adaministrasi maupun pidana, bahkan rawan sengketa. Karenanya hari ini Kamis, (13/7/2023) tepat tiga bulan menjelang kampanye, Bawaslu Kabupaten Demak, telah mempersiapkan strategi pengawasan dengan menyelenggarakan rakor bersama panwascam se Kabupaten Demak untuk merekap dan menganalisa potensi kerawanan tahapan kampanye 2024.

Bawaslu berharap dengan rakor tersebut juga mempertajam dan memperkuat kapasitas panwascam dalam mengawal tahapan pesta demkorasi secara adil dan bermartabat di wilayah masing-masing.

Bawaslu Demak mewanti-wanti agar panwascam bisa membedakan antara APS (alat peraga sosialisasi) dan APK (alat peraga kampanye), APK yang legal dan illegal, serta memahami kerawanan-kerawanan terkait dengna pemasangan APK.

Kesempatan rakor, juga dimanfaatkan oleh Bawaslu untuk membekali panswascam dalam penyelesaian sengketa acara cepat yang menurut regulasi panwascam mempunyai kewenangan untuk menanganinya atas mandat Bawaslu.

“Sengketa antar peserta dalam kampanye juga permasalahan yang rentan”, pungkas Khoirul. (Em.Ade '23)

Tag
bawaslu demak
berita