Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Demak Edukasi Masyarakat Melalui Podcast Nu Online Demak

Demak – Bawaslu Kabupaten Demak diundang NU Online Demak untuk sosialisasi dan melakukan edukasi kepemiluan kepada masyarakat pada Jumat (17/02) di Kantor PCNU Demak. Kegiatan tersebut dikemas dalam sebuah acara talkshow.

Hadir Anggota Bawaslu Kabupaten Demak, Amin Wahyudi, S.Pd.I., M.S.I. sebagai moderator dan dipandu oleh Choerul Rozak, S.Pd.I., M.Pd. selaku moderator.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kerja sama yang dibangun oleh Bawaslu Demak dengan PCNU Demak dalam rangka mengajak masyarakat Demak untuk turut serta dalam pengawasan pada seluruh tahapan Pemilu.

Dalam kegiatan tersebut, Amin Wahyudi menyampaikan bahwa pentingnya peran masyarakat semua dalam mengawal dan mengawasi Pemilu 2024. Terlebih di era digital ini.

“Seiring dengan perkembangan teknologi, Bawaslu menghadirkan program jarimu mengawasi. Sehingga, dengan hadirnya program tersebut, memudahkan pengawasan Pemilu bersama masyarakat. Jadi, silahkan akses www.jarimuawasipemilu.bawaslu.go.id,” ujarnya.

Amin menambahkan bahwa di era digital, Bawaslu Demak telah hadir di semua lini media sosial, mulai dari facebook, twitter, instagram, youtube, serta tiktok. Hal tersebut merupakan upaya Bawaslu Demak dalam memberikan informasi kepada masyarakat di era digital yang serba cepat. Termasuk podcast yang diselenggarakan oleh NU Online Demak tersebut.

“Selain platform-platform media sosial mainstream, Bawaslu Demak juga mempunyai web PPID yang disediakan untuk masyarakat dalam permintaan informasi di Bawaslu,” imbuhnya.

Selain hal-hal tersebut, Amin juga menyampaikan bahwa yang perlu diantisipasi dalam Pemilu 2024 adalah politik uang, politisasi SARA, penyebaran hoax.

“Kita sampaikan kepada masyarakat bahwa mari kita cegah semuanya, tolak politik uang. Mari bersama-sama mengawasi,” tegasnya. (ZAM)

Terkait penyebaran hoax, Amin menjelaskan bahwa untuk mencegahnya, biasakan bertabayun dalam menanggapi sesuatu. Biasakan saring sebelum sharing.

Sebagai pungkasan, Amin mengajak masyarakat untuk melindungi hak pilih, dengan memastikan bahwa hak pilihnya sudah terdaftar. “Mengingat sekarang memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, pastikan hak pilih panjenengan semua sudah terdaftar. Dan pastikan rumah panjenengan semua sudah di datangi oleh petugas Pantarlih untuk dilakukan pencocokan dan penelitian daftar pemilih,” pungkasnya. (ZAM)

Tag
bawaslu demak
berita