Lompat ke isi utama

Berita

249 Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa Dilantik, Khoirul : Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas Adalah Harga Mati

Demak, Setelah melalui proses panjang, Bawaslu Demak kini telah mengkantongi 249 Panwaslu Kelurahan/Desa.  Ke 249 pengawas desa tersebut telah dilantik oleh Panwaslu Kecamatan  masing-masing dalam secara terpisah dalam dua hari, kemaren (Minggu, 5/02) dan hari ini, Senin (6/02/2023).

“Kami  selalu konsisten dengan regulasi”,  papar  Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh, ketika dimintai keterangan terkait tidak dilaksanakannya pelantikan secara serentak.

Ia pun  menjelaskan  kewenganan  Panwaslu Kecamatan  sebagaimana diamanatkan UU 7/2017  pasal  106 huruf  f,   yaitu  membentuk Panwaslu Kelurahan/Desa, mengangkat serta memberhentikan anggota Panwaslu Kelurahan/Desa, dengan memperhatikan masukan Bawaslu Kabupaten/Kota.

Khoirul Saleh, di tengah sambutannya dalam pelantikan tersebut, menyampaikan SIM P yang tidak boleh lepas bagi setiap pengawas pemilu. “Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas  adalah harga mati”, tegas Khoirul yang tidak menginginkan ada jajaran adhoc di bawahnya  dinilai ‘masuk angin’.

Menurutnya bagi seorang pengawas, kelihatan tidak netral saja  akan menjadi masalah, apalagi benar-benar ada keberpihakan. “Saya tidak akan mentolirer”,  lanjut Khoirul.

Terkait profesionalitas, Khoirul menekankan agar Panwaslu Kelurahan/Desa maupun Panwaslu Kecamatan memperkuat pemahaman  undang-undang dan regulasi  lain yang terkait dengan pemilu. Meskipun mereka telah teruji dalam seleksi perekrutan, namun  tidak boleh melepas pemahaman perundang-uandangan pasca terpilih menjadi pengawas pemilu.

“Itu senjata kalian, ibarat maju perang  tanpa senjata kita bisa mati konyol”, seloroh  Khoirul  untuk mencairkan suasana tegang  pengaruh ceremonial pelantikan.

Diakhir sambutannya, Khoirul menegaskan lagi agar Panwaslu Kelurahan/Desa  segera menjalin koordinasi  dengan pemerintah desa, PPS, pantarlih  dan stake holder tingkat desa lainnya sebagai upaya pencegahan.

Tag
bawaslu demak
berita