Lompat ke isi utama

Berita

Urgensi Media dalam Demokrasi dan Pemilu - Program Posonan Edisi ke-7

Demak – Dalam lanjutan program Posonan, Kajian Demokrasi dan Pemilu yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Demak selama bulan suci Ramadhan selalu menghadirkan tema yang menarik. Pada edisi ke-7 mengulas tema “Urgensi Media dalam Demokrasi dan Pemilu” pada Rabu, 21 April 2021.

Dengan tema tersebut, Bawaslu Kabupaten Demak menghadirkan narasumber yang kredibelitasnya sesuai dengan tema, yakni media. Dan kebetulan bertepatan dengan Hari Kartini, hadir narasumber spesial, seorang wartawan perempuan Anggota PWI Kabupaten Demak, Ibu Sapto Sari Jati.

Dalam tema tersebut, Sari menjelaskan macam-macam media informasi. Menurutnya, klasifikasi media informasi di antaranya adalah media informasi cetak dan elektronik. Dan dari klasifikasi tersebut masing-masing masih ada variannya.

Secara holistik peran media informasi dalam kontestasi Pemilu memang sangat besar pengaruhnya terhadap masyarakat. Untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas, Sari menjelaskan bahwa media itu harus bersifat independen. Artinya, media harus bersikap adil.

“Sebagai wartawan harus seimbang. Tidak memihak salah satu pihak.” Tandasnya.

Selain memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kepemiluan yang berkualitas, media juga memiliki peran untuk mendorong, mengajak masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu yang sukses, menggunakan hak suaranya, sehingga angka partisipasi masyarakat dalam Pemilu meningkat.

“Media terus mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suaranya dengan baik. Tentunya ini adalah dalam rangka menjaga demokrasi di negeri kita.” Imbuhnya.

Dalam bekerja, Pihaknya juga menjelaskan bahwa ada landasan-landasan dalam bertugas. Ada kode etik dalam profesi. Selain itu, Pihaknya juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga batasan dalam bersosial media. Mengingat semakin meningkatnya sosial media digunakan untuk berkampanye di masa pandemi.

“Dalam bersosial media ada batasannya, yakni UU ITE. Jadi buat masyarakat agar menggunakan dengan baik. Terlebih dalam berkampanye. Hindari apa yang menjadi larangannya.” Pungkasnya. (ZAM)

Untuk Video bisa klik: Urgensi Media dalam Demokrasi dan Pemilu - Program Posonan Edisi ke-7

HUMAS BAWASLU KABUPATEN DEMAK

Tag
bawaslu demak
berita
posonan