Lompat ke isi utama

Berita

Surat Suara PPWP dan DPD Dicetak di Kudus, Bawaslu Demak Sambangi Pabriknya

Pengawasan Logistik Cetak Surat Suara PPWP dan DPD

Demak - Surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), Pemilihan DPD dan alat batu untuk tuna netra untuk Kabupaten Demak dicetak di Kudus. Perusahaan yang mendapatkan tugas pencetakan ini adalah PT Pura Barutama ini beralamatkan di Jl. AKBP. Agil Kusumadya 203. Berbarengan dengan monitoring yang dilakukan oleh KPU Demak, maka Bawaslu Demak pun melakukan pengawasan terhadap pengadaan logistik untuk Pemilu 2024. (Senin, 8/1)

Anggota Bawaslu Demak, Wiwit Puspitasari, mengecek langsung kualitas sampel surat suara PPWP dan DPD serta alat bantu tuna netra yang dicetak. Seluruh surat suara sudah dikemas dalam box.

"Sekilas surat suara yang dicetak sudah bagus, namun nanti akan dilakukan sortir secara manual oleh KPU", jelas Wiwit.

Jumlah surat suara yang dicetak oleh PT. Pura Barutama sebanyak 917.744 surat suara PPWP, 916.744 surat suara DPD dan ABCTN masing-masing sebanyak 3.658 lembar. Rencana distribusi ini akan dilaksanakan ada Selasa, 9 Januari 2024. Diperkirakan sampai di Gudang KPU pada pukul 10.00 WIB.

Ketua KPU Demak, Siti Ulfaati, meminta kepada PT. Pura Barutama untuk melakukan distribusi tepat waktu mengingat jarak Kudus ke Demak tidak jauh dan tidak ada hambatan yang berarti. KPU Demak sudah menyiapkan gudang penyimpanan logistik di Gedung IPHI, Jogoloyo.

Selain disibukkan dengan kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu, KPU saat ini juga melaksanakan pemenuhan logistik. Saat ini sedang dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Sebanyak 378 orang dikerahkan KPU Demak untuk menyelesaikan sortir lipat sesuai target yang ditentukan. (SR)