Lompat ke isi utama

Berita

Satu Tahun Menuju Pemilu 2024, Bawaslu Demak Deklarasikan Pemilu Damai

Demak,  Menuju 1 tahun menuju Pemilihan Umum 2024, Bawaslu Demak menghadirkan puluhan elemen masyarakat Demak.  Mulai dari unsur Forkompimda, KPU, Instansi pemerintah, media, akademisi, kelompok perempuan, mahasiswa, difable, dan organisasi masyarakat berkumpul di aula Bawaslu Demak untuk mendeklarasikan pemliu 2024 yang bermartabat. Selasa (14/02).

Bawaslu sengaja mensetting  kegiatan ini tepat pada tanggal 14 Februari 2023  untuk mengingatkan   tepat satu tahun kedepan bangsa ini akan mempunyai hajat besar.   “……ini moment yang tepat untuk siaga pengawasan”, papar Ulin Nuha Kordiv Pengananan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Demak.

Dipandu oleh, Ulin Nuha, mereka secara serempak mendeklarasikan  untuk  mewujudkan Pemilu yang langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil  serta  berkomitmen mendukung pemilu yang aman tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA, dan politik uang.

Sebelumnya, Ulin menyampaikan beberapa upaya pencegahan yang sudah dilakukan Bawaslu Demak.  Mulai dari pemetaan kerawanan, sosialisasi, pendidikan politik, pengembangan desa pengawasan dan desa politik uang, perjanjian kerja sama, sampai pada publikasi pesan moral pengawasan, telah disampaikan yang jumlahnya mendekati angka ribuan.

Meskipun demikian, Ulin juga menjelaskan terbatasnya personel Bawaslu yang tidak mungkin bisa melakukan pengawasan melekat sampai sudut-sudut desa. Karenanya keterlibatan masyarakat merupakan keniscayaan.

Senada dengan Bawaslu, Ketua KPU Demak, Bambang Setia Budi juga menyampaikan pentingnya pemilu yang luber dan jurdil.  Menurutnya dengan meminjam statemen ketua KPU RI, bahwa pemilu itu merupakan media konflik  yang dilegalkan. Karenanya ia memberikan apresiasi kepada Bawaslu Demak yang terus menginisiasi beberapa pencegahan pelanggaran.

Sementara  Kasad Reskrim  AKP Winardi SH, dengan tegas mengajak semua elemen yang hadir untuk  selalu  bersinergi mewujudkan pemilu yang damai dan berintergritas.  (em ade’23)

Tag
bawaslu demak
berita