Lompat ke isi utama

Berita

Pers Sebagai Pilar Demokrasi

Demak- Dalam rangka meningkat kelembagaan sebagai penyelenggara pemilu, Badan Pengawas Pemilu kabupaten demak mengadakan program khusus posonan melalui daring yang dijelasakan oleh narasumber Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Demak, Hasan Hamid digelar pada rabu, (06/4/2022) di chanel youtube Bawaslu Demak. Adapun tema yang diangkat dalam program  ini salah satunya peran pers sebagai salah satu pilar demokrasi.

Program ini Bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait meningkatkan kualitas demokrasi  dengan kebebasan  pers, media massa dimungkinkan untuk untuk menyampaikan beragam  informasi, sehingga memperkuat dan mendukung warga negara untuk berperan di dalam demokrasi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran pers memberikan dampak begitu luar biasa bagi kehidupan masyarakat. Melalui pers, mayarakat bisa mengetahui berbagai informasi atau peristiwa yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Pers, di samping sebagai pilar demokrasi, ada juga lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Ini menjadi sangat penting untuk mewujudkan demokrasi dalam kepemiluan, itu bisa terkawal karena peran serta media dalam berjalannya kehidupan bernegara.

Hasan Hamid mengatakan, kenapa bisa dikatakan menjadi pilar demokrasi karena ke tiga pilar demokrasi tanpa ada control dari masyarakat melaui pers itu tentu berpotensi terjadi penyimpangan atau terjadi ketidak harmonisan perjalanan berbangsa dan bernegara.

“Pers memang punya kepentingan, baik Komisi Pemilihan Umum maupun Badan Pengawas Pemilu dalam rangka untuk menghasilkan demokrasi yang sesungguhnya, jadi proses demokrasi itu agar berjalan sesuai dengan aturan dan sesuai dengan harapan negara maupun masyarakat, Ungkapnya”

Pers selalu terlibat aktif untuk mendapatkan informasi dan mengiformasikan kepada masyarakat. (Ng).

Tag
bawaslu demak
berita