Lompat ke isi utama

Berita

Pengawas TPS di Demak Resmi Dilantik

Demak - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak resmi melantik pengawas TPS se-Kabupaten Demak pada Sabtu hingga Senin kemarin (14-16/11). Total jumlah pengawas TPS yang dilantik berjumlah 2.206 pengawas untuk mengawasi TPS dalam pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh kemarin.

“Mulai hari Sabtu hingga Senin ini, kami secara resmi telah melantik pengawas TPS se-Kabupaten Demak sebanyak 2.206 orang. Pelantikan dilakukan oleh Panwaslu kecamatan masing-masing, karena kami juga menerapkan protokol kesehatan, maka pelantikan dibagi beberapa sesi”. Ujarnya.

Sementara komisioner Bawaslu Kabupaten Demak Lispiatun menyampaikan dari 14 kecamatan yang menyelenggarakan pelantikan, kecamatan Mranggen butuh waktu dua hari karena jumlahnya paling banyak dan terbagi dalam enam sesi.

“Dari 14 kecamatan yang ada, hanya kecamatan Mranggen yang pelantikannya dilaksanakan selama dua hari. Hal ini karena jumlah TPSnya paling banyak yaitu 304 orang, sehingga terpaksa dilaksanakan selama dua hari yang terbagi dalam enam sesi”, tambahnya.

Tugas pengawas TPS pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 terbilang cukup berat. Selain pengawasan terhadap jalannya pemungutan dan penghitungan suara, Pengawas TPS juga harus memastikan bahwa kegiatan pemiliha kali ini taat terhadap protokol kesehatan. Hal ini diungkapkan oleh Ulin Nuha, pimpinan Bawaslu Kabupaten Demak.

“Tugas bapak/ibu sebagai pengawas TPS tidak bisa dikatakan ringan, karena selain mengawasi proses pungut hitung, pengawas TPS juga harus memastikan bahwa KPPS dan pemilih taat terhadap protokol kesehatan”, tegasnya ketika melakukan supervisi di kecamatan.

Ulin juga menambahkan bahwa pengawas TPS akan menjalani rapid tes untuk mengetahui apakah mereka terpapar covid19. “Pengawas TPS akan menjalani rapid tes pada 26 November untuk mengetahui apakah mereka terpapar corona atau tidak”, pungkasnya. (UN)

Tim Humas Bawaslu Kabupaten Demak

Tag
bawaslu demak