Lompat ke isi utama

Berita

Pelantikan PPS, Khoirul : PPS Harus Menjaga Integritas

Demak,  Ketua  Bawaslu Demak, Khoirul Saleh, menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah 747 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Demak yang diselenggarakan di Alun-alun Demak. Kegiatan itu dilanjutkan dengan apel Kesiapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024. Bawaslu berharap kesiapan penyelenggaraan tersebut  tidak hanya berhenti pada ranah teknis, namun kesiapan mental  harus juga diperhatikan.

“PPS harus siap menjaga integritas”  tegas Khoirul ketika diwawancarai usai acara apel.

Menurut Khoirul, imbauan ini akan terus disuarakan  sebagai antisipasi terjadinya pelanggaran ataupun sengketa proses pemilu 2024 nanti. Apalagi dalam proses perekrutan PPS tersebut  Bawaslu telah menemukan  pengurus partai politik yang luput dari seleksi Administrasi pendaftaran PPS.

"Meski temuan ini sudah ditindaklanjuti KPU Demak setelah menerima saran perbaikan Bawaslu, namun bukan berarti tidak ada kemungkinan  temuan serupa", lanjut Khoirul.

Khoirul juga menyampaikan bahwa Bawaslu telah memetakkan titik titik rawan dalam setiap tahapan pemilu. Hasil dari pemetaan itu ditindaklanjuti dengan berbagai pencegahan, baik melalui koordinasi, sosialisasi maupun imbauan.  Karenanya ia berharap sinergitas semua pihak, termasuk peserta pemilu untuk bersama Bawaslu menyukseskan pemilu yang bermartabat.

“Kami ramah dalam berkolaborasi namun akan tetap tegas dalam eksekusi”, lanjut khoirul ketika ditanya sikap bawaslu apabila bila benar ditemukan pelanggaran.

Senada dengan Khoirul, Bupati Demak yang menjadi pembina apel juga berpesan kepada PPS agar memiliki integritas tinggi dan berkomitmen sesuai sumpah janji yang diucapkan. Beliau juga mengingatkan agar penyelenggara adhoc yang menjadi ujung tombak pemilu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar pengalaman pahit pemilu 2019 tidak terulang.  (Em ade’22)

Tag
bawaslu demak
berita