Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Demak Berangkatkan 26 Peserta SKPP Ke Magelang

Demak - Bawaslu Demak, Kamis 7 Oktober 2021 memfasilitasi peserta SKPP (Sekolah Kader Pengawas Partisipati) untuk menempuh pendidikan dan pelatihan di Magelang. Kebarangkatan itu menggunaan moda transportasi satu armada bus didampingi oleh Amin Wahyudi salah satu anggota Bawaslu Demak. Mereka adalah pemuda pemudi Demak dari berbagai latar belakang yang telah lolos seleksi, baik masih berstatus mahasiswa ada juga berpofesi pengajar dan wiraswasta.

Diketahui peserta SKPP dari Demak yang lolos seleksi untuk mengikuti program tersebut adalah 31 orang dari 123 pendaftar. Namun akhirnya hanya 26 peserta yang bisa mengikuti  SKPP terdiri 12 (dua belas) peserta laki-laki dan 14 (empat belas) peserta perempuan.

SKPP merupakan inisiasi Bawaslu sebagai program unggulan dan program prioritas Presiden Jokowi yang digelar di 100 (seratus) titik lokasi serta melibatkan 10.000 (sepuluh ribu) peserta. Di Jawa Tengah terdapat 6 (enam) titik, di antaranya Magelang yang diikuti oleh Bawaslu Kabupaten Demak, Wonosobo dan Magelang. Sementara 5 (Lima) titik lain adalah Brebes, Karanganyar, Semarang, Banyumas dan Pati. Untuk Pemilihan titik lokasi tersebut didasarkan pada ketersediaan tempat yang  memenuhi persyaratan protokol kesehatan mengingat pelaksanaanya masih dalam kondisi pandemi covid-19. 

Salah satu syarat mengikuti pendidikan SKPP peserta harus sudah melakukan vaksinasi covid-19, sekaligus ketika awal mengikuti pendikan mereka harus menjalani test swab terlebih dahulu untuk memastikan tidak terpapar virus corona. Al hamdulilah 26 (dua puluh enam) peserta dari Demak dinyatakan negatif virus covid-19 dan lanjut mengikuti program SKPP tingkat dasar tahun 2021 selama tiga hari ke depan, mulai tanggal 7 sampai 9 Oktober 2021.

Program SKPP ini tidak hanya berhenti pada tingkat dasar, setelah itu akan ada SKPP tingkat menengah yang pesertanya adalah peserta terbaik dari SKPP tingkat dasar. Oleh karenanya Bawaslu Demak telah membekali peserta delegasi dari Demak itu jauh sebelumnya melalui  zoom meeting sebanyak dua kali, yaitu pada tanggal 16 September 2021 dan 1  Oktober 2021.

“Ingat, ikuti pendidikan dengan sungguh-sungguh, tunjukkan kriatifitas kalian” tutur Amin Wahyudi saat memberi semangat menjelang pemberangkatan.

Dia berharap bukan sekedar meraih prestasi sampai tingkat menengah, namun secara subtansif lebih dari itu yakni lahirnya agen-agen atau inisiator di masyarakat dalam pembentukan pengawasan partisipatif. (Em ade 21)

Tag
bawaslu demak
berita