Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Demak Awasi Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 Tingkat PPK

Demak - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak melakukan pengawalan dan pengawasan proses pleno rekapitulasi hasil pemilu 2019 tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Dalam hal ini, Bawaslu Kabupaten Demak terjunkan Anggota Pengawas Kecamatan serta Pengawas Desa untuk membantu melakukan pengawasan di daerah masing-masing.

Pleno Rekapitulasi hasil pemilu 2019 tingkat PPK sudah dimulai sejak hari Jum'at, 19 April 2019. Turut hadir juga saksi dari peserta pemilu dan aparat kepolisian untuk menjaga keamanan selama proses rekapitulasi. Sejalan dengan ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Demak, Khoirul Saleh mengintruksikan kepada segenap Panwascam dan PPD untuk mempersiapkan bahan-bahan data yang dibutuhkan dalam pengawasan nanti.

"Dalam melakukan pengawasan, kami menghimbau kepada Panwascam untuk mempersiapkan data-data seperti salinan form C, C1 serta form A pengawasan yang dihimpun dari PTPS untuk bekal pengawasan agar bisa berjalan dengan baik, bisa melakukan koreksi kesalahan serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan." Kata Khoirul Saleh, Ketua Bawaslu Kabupaten Demak.

Proses rekapitulasi tingkat Kecamatan dilakukan dengan sistem pararel. Adapun jumlah panelnya berbeda-beda di masing-masing Kecamatan. Bawaslu Kabupaten Demak terus memantau proses berjalannya Rekapitulasi. Upaya ini untuk mengantisipasi penggelembungan suara, mencegah terjadinya kecurangan, dan melakukan koreksi saat terjadi kesalahan.

"Jika terjadi selisih, seperti yang di Kecamatan Karangawen kemarin (19/4) yang terjadi di TPS 2 Desa Rejosari Kecamatan Karangawen, dimana terjadi selisih antara pemilih yang menggunakan hak pilih dengan jumlah suara sah dan tidak sah. Oleh sebab itu, dari pihak Panwas menyarankan agar PPK melakukan penghitungan ulang surat suara dan disaksikan oleh pihak yang hadir." Kata Moh. Asroni, Anggota Bawaslu Koordinator Divisi Sengketa.

Khoirul Saleh selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Demak juga Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga mengintruksikan kepada segenap Panwascam dan PPD untuk terus mengawal dan mengawasi proses rekapitulasi tingkat PPK sampai akhir. Dan juga berpesan agar menjaga kesehatan dan tetap semangat dalam bertugas.

Tag
bawaslu demak
berita
rekapitulasi