Lompat ke isi utama

Berita

Apel Siaga Pengawasan 2019, Bawaslu Demak : kami Siap Mengawasi Pemilu 17 April

DEMAK – Bawaslu Kabupaten Demak melakukan Apel Siaga pengawasan Pemilu 2019 di Alun-alun Simpang Enam Demak (12/4/2019). Apel yang dihadiri oleh Seluruh jajaran Pengawas Kecamatan, Pengawas Kelurahan dan serta Pengawas TPS se Kabupaten Demak merupakan upaya Bawaslu dalam menjaga jalannya Pemilu 2019 secara aman, damai dan kondusif.

Ketua Bawaslu Kabupaten Demak Khoirul Saleh, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Pemilihan umum adalah perayaan demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh sukacita, damai, dan rasa kebanggaan sebagai sebuah bangsa yang beradab. Tinggal lima hari lagi kita akan memasuki puncak perayaan Pemilu 2019. Tepatnya pada tanggal 17 April seluruh anak bangsa yang berhak memilih akan menggunakan hak pilihnya. Pemilu kali ini merupakan pengalaman baru bagi kita, dimana untuk pertama kalinya dalam sejarah kepemiluan di Indonesia, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan dipilih secara serentak”. Ungkapnya

Aspek keserentakan dari pemilu kali ini, menjadi ujian besar bagi Bawaslu Kabupaten Demak sebagai Lembaga pengawas pemilu yang telah mendedikasikan dirinya menjaga hak pilih rakyat. Menyadari hal tersebut, maka selama berlangsungya tahapan pemilu tahun 2019 yang dimulai sejak 17 Agustus Tahun 2017.

“Bawaslu Kabupaten Demak, telah melakukan berbagai upaya serius guna mengakselerasi kesiapan dan kematangan seluruh jajaran dalam menghadapi setiap tahapan pemilu, termasuk menyiapkan penyelenggaraan pengawasan masa tenang, hari pungut hitung dan rekapitulasi serta kesiapan penanganan pelanggaran dan potensi sengketa proses pemilu. Sebab tugas mengawasi pemilu adalah panggilan mulia yang harus kita tuntaskan dengan baik. Karena itu sudah sepatutnya pula kita meminta pertolongan Tuhan, agar kita dikuatkan dan dimampukan untuk menunaikan tugas dan panggilan ini dengan baik, hingga pada saatnya nanti seluruh jajaran bawaslu dapat mempertanggung-jawabkan amanah ini dihadapan Tuhan dan Seluruh rakyat Indonesia”. Imbuhnya

Mengakhiri Sambutan Ketua Bawaslu Kabupaten Demak menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Panwas Kecamatan, kelurahan dan Pengawas TPS atas kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh untuk menunaikan panggilan mulia sebagai pengawal demokrasi. mulai hari ini kita akan bergerak serempak di seluruh wilayah pengawasan, dan karena itu, Indeks Kerawanan Pemilu 2019 yang memuat hasil penilaian terhadap potensi pelanggaran dan kerawanan, menjadi instrument handal bagi kita dalam memproyeksikan langkah-langkah antisipatif terhadap praktik politik uang, propaganda isu SARA, Berita tidak benar serta ujaran kebencian serta potensi-potensi pelanggaran lainnya.

Tag
bawaslu demak
berita