Lompat ke isi utama

Berita

114 PTPS Bawaslu Demak siap Kawal Pemilu Susulan

Bimtek PTPS 10 Desa di Karanganyar untuk PSS

Demak - Meskipun banjir belum sepenuhnya surut  114 pengawas TPS Bawaslu Demak tampak semangat mengikuti  Bimbingan Teknis  pengawasan, Rabu (21/2/2024).

“lima surat suara…!”, jawab mereka serempak  ketika  Nur Kholik, salah satu pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menanyakan jumlah surat suara yang harus diterima  pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT. Semangat  PTPS  tersebut tampak menunjukkan  kesiapan  mereka untuk mengawal pemilu susulan yang akan digelar 24 Februari 2024. 

Sebagaimana diketahui, berdasarkan keputusan KPU Demak NOMOR 782 TAHUN 2024 dan NOMOR 783 TAHUN 2024 114 TPS yang tersebar di 10 desa wilayah Kecamatan Karanganyar ditunda pelaksanaan pemilunya pada 14 Februari 2024 kemarin. Pasalnya 10 desa tersebut terkena dampak bencana banjir  bandang  sampai masuk ke rumah  yang datang beberapa hari sebelum hari H dan  bahkan sampai sekarang satu dua desa akses jalannya masih tergenang air bah tersebut.

Oleh karenanya, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah  memberi semangat para pengawas TPS dengan menyambangi  ketika  panwascam Karanganyar menggelar bimbingan teknis ke 2 bagi mereka tersebut. Di tengah arahannya Nur Kholiq  mengingatkan kepada  PTPS  agar mewaspadai pemilih DPTb dan DPK.

“jangan sampai ada Pemungutan Suara Ulang  dalam PSS nanti”, papar Nur Kholiq.

Sementara Bawaslu  Demak yang secara tidak langsung bertanggung jawab terhadap pengawasan pemilu susulan tersebut  sudah  mempersiapkannya sejak KPU Demak  memutuskan pemilu susulan.  Beberapa imbauan kepada intansi terkait,  dalam rangka  pencegahan pelanggaran dan mendukung terwujudnya pemilu yang berintegritas dan berkeadilan  telah dilakukan. 

“kami juga imbau PLN agar tidak ada pemadaman pada hari H nanti”, papar Ulin Nuha Ketua Bawaslu Demak.

Bawaslu Demak juga kembali menyisir Alat Peraga Kampanye yang belum sempat dibersihkan akibat tergenang banjir. Dalam penertiban ini, Bawaslu Demak menurunkan baliho sebanyak 15, banner sebanyak 1, bendera sebanyak 4, reklame sebanyak 5 dengan jumlah total  25 APK ditertibkan. (em. Ade’24)